Software

Dalam materi kali ini, kita akan membahas tentang perkembangan perangkat lunak. Materi kali ini dibagi menjadi tiga sub materi, yaitu tentang sejarah perangkat lunak, klasifikasi perangkat lunak, serta malware dan penanggulangannya. Perangkat lunak atau software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah, dimana melalui software inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Sejarah perangkat lunak dapat dikategorikan menjadi 4 era, yaitu era pioner, era stabil, era mikro, dan era modern. Dijelaskan bahwa pada era pioner ini perangkat lunak masih menjadi satu kesatuan dengan komputer dimana terdapat sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Kemudian beralih ke era stabil dimana penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan dan perangkat lunak sudah dapat mejalankan beberap fungsi yang mampu melayani banyak pengguna, pada era ini mulai dikenal sistem basis data yang memisahkan program dengan data. Berlanjut ke era mikro dimana perangkat lunak mulai dibedakan menjadi perangkat lunak sistem untuk menangani masalah internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk keperluan tertentu. Terakhir pada era modern, dimana pada saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. pada era ini telah mengenal input berbentuk suara dan gambar.

Klasifikasi perangkat lunak dapat digolongkan menjadi 2 yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi dimana perangkat lunak system dapat dibagi lagi menjadi 3 macam lagi, yaitu bahasa pemrograman, yang merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan computer. Contohnya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FOTRAN. Kemudian system operasi, dimana saat komputer pertama kali dihidupkan ,system operasilah yang pertama kali dijalankan,sistem operasilah yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memory dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian. Contoh system operasi: DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system. Yang ketiga adalah utility yang merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, misalnya pemerikasaan perangkat keras(hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,defrag). Contoh utility adalah Norton utility. Bahasa pemrograman dapat dibagi menjadi tiga, diantaranya adalah Assembler(perakit) yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan (assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin. Kemudian Compiler yang berfungsi untuk menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe. Terakhir adalah Interpreter yang dapat dikatakan berlawanan dengan compiler, karena menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe. Kemudian dilanjutkan dengan program aplikasi atau program paket yaitu program yang ditunjukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu.

Pada  sub materi ini, kita diminta menjelaskan malware dan cara penanggulangannya. Malware berasal kata malicius yang berarti jahat dan software yang berarti program. Jadi malware merupakan program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan suatu software. Pada umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem. Contoh dari malware adalah Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Exploit dan rootkit . Salah satu cara untuk menghentikannya adalah dengan selalu membersihkan komputer anda dengan antivirus terbaru.

Demikian sedikit ulasan materi tentang Software.
Jika merasa ini materi yang menarik
silahkan download dengan klik disini

About dananlesmana

nothing in common, just doing my task.
This entry was posted in Course Assignment and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s